Hai Pengguna Blogspot, Begini Cara Membuat Gravatar

Cara Membuat Gravatar

Teman-teman blogger, pernah ga sih kamu ketemu komentar atau mungkin kamu sendiri yang saat berkomentar di blog WordPress orang lain, profile picture-nya tidak muncul? Nah, artikel cara membuat Gravatar ini cocok banget buat kamu terapin. Khususnya buat blogger-blogger yang menggunakan platform Blogspot.

Pun saya sendiri, sebagai seorang blogger dan webmaster di beberapa website, tak jarang menemui komentar-komentar tanpa profile picture sama sekali. Umumnya, komentar-komentar tanpa profile picture tersebut adalah pembaca umum (bukan blogger) yang ingin bertanya dan blogger (blogspot) yang ingin blogwalking.

Nah, kalau ditanya penting ga sih menggunakan profile picture ini?

Jawaban saya, penting-ga-penting tergantung siapa penggunanya. Tapi kalau kamu seorang blogger, menurut saya keberadaan Gravatar atau profile picture ini cukup penting. Dengan memiliki Gravatar sendiri, pemilik blog (mungkin pembaca juga) menjadi lebih tertarik untuk melihat blogmu sehingga ada kunjungan balik.

Bagi blogger sesama pengguna WordPress ini tak jadi masalah, namun bagi blogger pengguna Blogspot yang ingin berkomentar di blog WordPress—dan sebaliknya—ini menjadi masalah karena kedua platform ini memang berbeda.

Baca juga: Cara cek Broken Link dan cara memperbaikinya

 

Cara membuat Gravatar

Nah, kalau kamu blogger yang menggunakan Blogspot, kamu bisa koq memiliki profile picture dengan cara membuat Gravatar. Bikinnya gampang koq. Silahkan disimak ya!

  1. Masuk ke website Gravatar

    Gravatar merupakan bagian dari WordPress.com, kalau sebelumnya kamu sudah memiliki akun WordPress.com, cukup pakai itu saja. Tapi kalau belum, silahkan bikin akunmu sendiri dengan klik “Create Your Own Gravatar”.

  2. Manage Gravatars

    Pada menu “My Gravatars”, silahkan masukkan satu atau lebih email yang sering kamu gunakan saat berkomentar. Setelah itu tambahkan gambar untuk profile picture yang kamu inginkan.

    Saran saya cukup “upload new” saja alih-alih menggunakan URL dan pakai gambar pribadi, bukan logo blog/website apalagi brand hahaha.

    Manage Gravatar

  3. Lengkapi My Profile

    Silahkan lengkapi bagian “My Profile”, khususnya bagian “Website”. Apalagi kalau kamu punya beberapa website/blog. Misalnya, untuk satu akun Gravatar ini, saya menyambungkan travel blog virustraveling.com dan BobbyErtanto.com.

    Nah, Gravatar akan secara otomatis menampilkan URL sesuai websitenya masing-masing.

  4. DONE

    Selesai. Gampang banget, kan?

Cus, bikin Gravatar kamu sendiri!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *