7 Manfaat Pete Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Pete untuk Kesehatan Tubuh

Bentuknya kecil, berwarna hijau dan memiliki aroma yang khas. Semua orang sudah pasti bisa menebak itu adalah pete, salah satu makanan yang biasanya dinikmati bersama sambal.

Pete mungkin menjadi primadona bagi beberapa orang, walau tidak sedikit pula yang tidak suka dengan rasa dan aromanya. Termasuk saya sendiri hahaha. Padahal sebenarnya dibalik rasa pahit dan aromanya yang tajam, pete memiliki sejuta manfaat.

Manfaat pete untuk kesehatan diyakini oleh beberapa terapis pengobatan tradisional. Di Malaysia, pete dikenal sebagai obat pereda sakit kepala. Sementara itu, penelitian yang dilakukan sejumlah peneliti mengatakan jika konsumsi pete baik untuk mencegah sekaligus menyembuhkan berbagai penyakit.

 

Manfaat Pete untuk Kesehatan Tubuh

Menikmati sepiring nasi hangat dengan lauk, sambal dan pete merupakan cara makan yang nikmat. Itu yang saya lihat dari papa, saudara atau pun teman-teman yang sedang menyantap nasi dengan pete.

Akan tetapi, masih banyak orang yang tidak menyadari apa saja manfaat dibalik mengkonsumsi pete. Termasuk saya sendiri, hingga mengumpulkan semua informasi tentangnya.

Nah, ini dia beberapa manfaat pete yang perlu kita ketahui bersama. Barangkali, dengan mengetahui manfaat mengkonsumsi pete, kamu jadi ingin makan juga.

  1. Mencegah Depresi

    Salah satu penyakit kejiwaan yang menyebabkan angka bunuh diri di dunia semakin tinggi adalah depresi. Dari depresi seseorang merasakan perasaan tidak menyenangkan, cemas berlebihan, rasa tidak mendapatkan dukungan dan lainnya.

    Bila tidak diatasi dengan baik, depresi bisa menyebabkan dua hal. Pertama, dapat memicu keinginan untuk mengakhiri hidupnya dan kedua menyebabkan gangguan kejiwaan yang lebih parah.

    Sesungguhnya, ada banyak penyebab mengapa seseorang bisa mengalami depresi. Mulai dari tekanan pekerjaan, tekanan dari keluarga dan sosial, atau bahkan komentar negatif.

    Tapi, tahukah Anda jika ada salah satu makanan yang bisa mencegah depresi semakin parah?

    Mengkonsumsi pete yang kaya triptofan, dipercaya ampuh untuk memperbaiki mood seseorang dan membuatnya merasa lebih rileks. Sedangkan, kandungan vitamin B di dalam petai efektif untuk menenangkan sistem saraf.

    Jika Anda seringkali bertarung dengan depresi, tidak ada salahnya untuk terapi pencegahan dengan pete. Konsumsi pete dan lihat sendiri khasiatnya, mengkonsumsi pete tentu jauh lebih murah daripada konsultasi ke psikiater.

  2. Mengobati Anemia

    Manfaat pete lainnya adalah mengobati anemia. Seseorang bisa mengalami anemia ketika tubuhnya memiliki zat besi dalam jumlah sedikit. Yang secara otomatis mengakibatkan jumlah hemoglobin dalam tubuh tidak seimbang.

    Saat tubuh kekurangan zat besi untuk dialirkan ke aliran darah, artinya tubuh akan mengalami kekurangan oksigen. Padahal oksigen sangat penting untuk tubuh kita.

    Kandungan zat besi pada pete diyakini mampu meningkatkan produktivitas pembentukan hemoglobin. Penderita anemia yang mengkonsumsi pete akan terhindar dari gejala atau komplikasi anemia. Mulai dari yang paling ringan seperti lelah, lesu, pusing, letih dan mual hingga yang paling parah.

  3. Meringankan Gejala PMS

    Gangguan Premenstrual Syndrome memang tidak terjadi pada semua wanita. Mereka yang mengalami PMS, biasanya memiliki mood yang berantakan. Jika salah bicara sedikit saja, Anda harus siap-siap mendengarkan omelannya sepanjang hari. Wanita PMS memang lebih mudah marah dan tersinggung.

    Agar PMS tidak mengganggu aktivitas sehari-hari, beberapa wanita kerap kali mengkonsumsi minuman herbal instan atau jamu. Tapi, tahukah Anda jika minum pete juga baik untuk mengatasi PMS?

    Di dalam pete terdapat vitamin B6 yang bekerja untuk mengatur keseimbangan kadar gula di dalam darah. Bukan rahasia umum, jika kadar gula tinggi mempengaruhi mood seseorang. Saat kadar gulanya seimbang, maka wanita tidak akan lagi mengalami mood kacau saat menstruasi.

  4. Mengatasi Hipertensi

    Dari sekian banyak khasiat petai, jarang yang mengetahui bila petai baik untuk penderita tekanan darah tinggi. Hipertensi atau tekanan darah tinggi bukan hal yang harus disepelekan. Karena bila dibiarkan begitu saja bisa memicu berbagai gangguan kesehatan baik dari fisik maupun mental.

    Dalam satu biji petai terkandung kalium tinggi dan natrium rendah, kombinasi tersebut sangat baik untuk menurunkan tekanan darah. Dari hasil penelitian menyebutkan jika mengkonsumsi pete secara berkala akan mencegah sekaligus menurunkan hipertensi maupun komplikasinya seperti serangan jantung atau stroke.

    Karena orang dengan tekanan darah tinggi sangat rentan terhadap serangan jantung atau penyakit jantung lainnya. Mereka yang memiliki hipertensi, diwajibkan untuk menjaga konsumsi natrium harian tidak lebih dari 2.300 mg.

  5. Mengatasi Sembelit

    Rasa tidak nyaman yang disebabkan oleh sistem pencernaan bermasalah, salah satunya adalah sembelit. Mereka yang mengalami sembelit merasa terganggu terutama saat harus buang air besar.

    Sembelit menyebabkan tinja sulit untuk dikeluarkan karena tubuh kekurangan cairan, kurang asupan serat maupun jarang beraktivitas. Sembelit yang parah bisa mengakibatkan munculnya bercak darah di feses.

    Agar terhindar dari sembelit dan resiko gangguan pencernaan lainnya, kamu dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi pete. Efek antacid pada pete diyakini dapat membantu mengobati mulas juga rasa sakit pada perut. Sementara kadar serat di dalam pete akan membantu melancarkan sistem pencernaan.

    Anda yang kebetulan suka sekali pete dan seringkali mengalami sembelit, tidak ada salahnya mengkonsumsi pete untuk mengatasi kondisi tersebut. Konsumsi pete jauh lebih baik dari obat-obatan pencahar.

  6. Meningkatkan Fungsi Sel Otak

    Penelitian yang dilakukan sejumlah peneliti Inggris mengatakan jika kandungan kalium pada pete efektif untuk meningkatkan fungsi otak manusia. Penelitian mereka dilanjutkan pada seorang siswa yang diminta untuk mengkonsumsi pete dalam dua kesempatan, sarapan dan makan siang. Hasilnya siswa tersebut mampu menjawab pertanyaan dan memecahkan problem dengan mudah.

    Pete, juga dianggap sebagai makanan yang mampu meningkatkan konsentrasi. Beberapa orang terkadang mengkonsumsi pete sebelum melaksanakan ujian.

  7. Melawan Bakteri

    Ekstrak biji pete kaya akan hexathionine maupun trithiolane yang bekerja secara agresif sebagai antibakteri. Dari hasil penelitian pula disimpulkan jika konsumsi ekstra biji pete akan membantu melawan bakteri gram-negatif.

Jadi, itulah tujuh manfaat pete yang selama ini masih banyak diketahui masyarakat. Orang mengkonsumsi pete karena memang menyukainya, jarang yang makan pete karena memahami apa saja manfaatnya.

Semoga dengan mengenal manfaat konsumsi pete, kamu jadi terdorong untuk mengkonsumsi pete sebagai terapi pencegahan maupun pengobatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *